Kamis, 02 Juli 2015

ALTARE DELLA PATRIA, MONUMEN UNTUK BAPAK BANGSA ITALIA



Setiap bangsa pasti punya sejarah tentang pendirinya atau founding fathers, sama seperti Indonesia dengan Presiden Sukarno atau di China dengan Mao Zedong. Nah di Italia pendiri bangsanya yaitu Victor Emmanuel II.

Jadi setelah keruntuhan kekaisaran Romawi sekitar abad ke-5, semenanjung Italia Italia terpecah-pecah menjadi beberapa kota, dan negara regional (seperti Republik VenesiaKerajaan SardiniaMilan, dan negara-negara kepausan). Nah Victor Emmanuel II adalah Raja keturunan Wangsa Savoy dari Kerajaan Sardinia yang memimpin penyatuan kembali Italia ditengah keruntuhan Napoleon dan perang Perancis dan Prusia. Proses unifikasi ini disebut juga sebagai il Risorgimento. Melalui serangkaian kerusuhan atau disebut pula perang kemerdekaan, akhirnya proses Unifikasi ini berhasil pada tahun 1861 dan Raja Victor Emmanuel II menjadi Raja pertama di Italia sampai wafatnya tahun 1878. Sejak saat itu Raja Victor Emmanuel II dinobatkan sebagai Bapak Pendiri Bangsa Italia.

Untuk menghormati Raja Victor Emmanuel II ini maka dibangunlah monument besar berbahan marmer putih di tengah kota Roma yang diberi nama Altare Della Patria atau disebut juga sebagai Altar of the Fatherland yang di dedikasikan untuk Raja pertama yang menyatukan kembali Italia. Struktur bangunan ini dirangcang oleh Giuseppe Sacconi di tahun 1885 dan selesai pada tahun 1925. Pematung-pematung ternama di seluruh Italia ikut terlibat dalam membangun monument ini diantaranya Leonardo Bistolfi dan Angelo Zanelli.


Pertama kali saya melihat Altare Della Patria yang megah.

Altare Della Patria adalah salah satu tujuan wajib saya waktu berkunjung ke Roma. Bangunan ini terlihat megah dengan warna putih marmer dan sangat kontras dengan warna dan bangunan disekitarnya, bahkan di seantero kota Roma. Bila berjalan kaki dari Piazza Del Popolo akan terlihat bila Altare Della Patria ini satu axis garis lurus melewati Via del Corso. Jadi saking pentingnya monument ini sampai diletakan di "Pusat" nya kota Roma. Terdapat api abadi di altar monument ini, hal ini untuk memperingati pahlawan dan tentara tanpa nama yang dimakamkan disini selama perang kemerdekaan.

Beberapa patung di Altare Della Patria, salah satu yang terkenal adalah Patung Victor Emmanuel II yang sedang naik kuda dan The Quadriga dell'Unità yang ada di puncak monument.

Salah satu patung di Altare Della Patria

Patung Il Pensiero, karya Giulio Monteverde

Api Abadi yang ada di altar sebagai peringatan untuk makam pahlawan dan tentara tanpa nama

Salah satu patung di Altare Della Patria

Ada sesuatu yang janggal ketika saya datang kesini yaitu gaya bangunan ini yang tidak seperti bangunan Romawi kebanyakan. Bangunan ini dibangun dengan gaya Yunani Teutons dengan inspirasi dari karya-karya arsitek Jerman Leo Von Klenze yang terkenal dengan aliran Greek Revival pada zamannya. Ternyata hal ini bukan saja mengganjal pikiran saya, tapi juga pernah menjadi hal yang kontroversial di Roma pada masa pembangunannya. Selain gaya yang bukan ciri khas Romawi, lokasi bangunan ini juga dianggap sangat kontroversi karena dibangun di Capitolline Hill, salah satu tujuh bukit yang ada di Roma. Pembangunan ini dianggap telah merusak lokasi bersejarah kota tua Roma, apalagi lokasinya sangat berdekatan dengan Roman Forum dan Piazza Campidoglio yang banyak peninggalan Zaman Romawi dan Zaman Renaissance. Beberapa orang malah menyebut bangunan ini sebagai "The Wedding Cake" raksasa di Roma.

Diluar dari segala kontroversinya, menurut saya Altare Della Patria adalah sebuah masterpiece dan landmark dari kebangkitan Italia sendiri. Sebuah lambang dari tumbuhnya sebuah harapan baru diatas reruntuhan Romawi yang pernah menguasai seperempat dunia pada zamannya. Harapan yang berhasil disatukan kembali melalui perjuangan seorang Victor Emmanuel II dari Pulau Sardinia.


Roma, 19 April 2015


























4 komentar:

  1. oooh ini teh monumen bersejarah bgt y... pas kesana gw cuman nongkrong2 foto2 doang.. haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, bersejarah banget. Dan menurut gw ini salah satu monument termewah di dunia yang terbangun setelah Taj Mahal.

      Hapus
  2. Photo2 yang menarik, Italy memang indah... Saya ingin berbagi artikel tentang Katedral di Florence di http://stenote-berkata.blogspot.hk/2018/04/florence-di-piazza-del-duomo_11.html
    Lihatlah juga videonya di Youtube https://youtu.be/OVEs_zYK_FQ

    BalasHapus