Sabtu, 27 Juni 2015

SUKIYA, KEDAI GYUDON 24 JAM


Saur disaat musim panas di Jepang memang serba nanggung, sekitar jam setengah dua subuh harus cari makanan keluar karena imsak sekitar jam 2 subuh. Geliat aktivitas di Jepang semuanya berhenti jam 12.00 malam, jadi diatas tengah malam suasana kota tiba-tiba seperti kota mati dengan jalanan yang sepi, kecuali sesekali ada orang mabuk yang ketinggalan bus dan dia harus jalan kaki untuk pulang ke rumah. jadinya saya merasa sedikit malas untuk mencari makan.

Selama di Kyoto saya tinggal di rumah kawan di daerah Katsura dan kebetulan sekali di depannya ada cabang Sukiya, kedai gyudon 24 jam yang enak dan murah, jadi tidak terlalu khawatir untuk mencari makanan sahur.

Sukiya di Katsura jam 01.30 subuh

Sukiya adalah chain restaurant gyudon terbesar di Jepang, bersaing dengan Yoshinoya. Keduanya menyajikan menu yang hampir mirip yaitu Gyudon atau nasi daging. Awal mula Sukiya berdiri di kota Yokohama dengan slogan "save time and money". Ya karena konsep fastfood murah nya kini Sukiya mempunyai 1.856 cabang di seluruh perfecture di Jepang dan di beberapa negara di dunia, termasuk cabangnya di Jakarta. Saya sendiri lebih suka Sukiya daripada Yoshinoya karena rasanya lebih enak dan rasa ocha aroma kopi nya bikin kangen.



Suasana di dalam restaurant. Sepi, dan kalau malem yang kerja disini adalah mahasiswa


Yang lebih penting dari Sukiya adalah harganya yang murah untuk seukuran Jepang. Hanya sekitar 30 ribuan rupiah udah bisa dapat nasi + daging + minum dengan kalori yang cukup untuk Puasa seharian.  Ini bisa jadi referensi tempat makan juga untuk teman-teman yang sedang berlibur ke Jepang saat bulan puasa karena tempat ini menjadi favorit saya untuk bersahur sekaligus berbuka.

Menu Sukiya lengkap dengan pilihan kalorinya

Untuk masalah Halal yahh kalau saya berprinsip selama pesannya daging sapi Insha Allah Halal, tapi kalau konsepsi Halal nya adalah daging sapi yang disembelih dengan doa dan bersertifikasi Halal dari Majelis Ulama Jepang, ya susah juga sih sengaja cari restaurant halal subuh-subuh, mending sahur pake nasi + timun saja...

Jadi tips dari saya kalau mau berlibur ke Jepang dalam waktu yang lama tapi ingin makan enak dengan harga murah, cari tempat tinggal yang dekat dengan cabang Sukiya :)



Kyoto, 22 Juli 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar